NAPAK TILAS BUMI PARA NABI 2018 (PART 3 # JORDAN#)

Jangan lpa baca part sebelumnya #Al-Aqsho – Israel#

Senin, 10 September 2018.

Setelah selesai dengan kunjungan terakhir di Israel (Masjid Nabi Musa), kami lanjut ke border untuk keluar dari Israel dan masuk ke Jordan. Alhamdulillah prosesnya lancar, jam 10 an sudah di bis namun menunggu ijin masuk sampai 11.45 baru bisa jalan masuk Jordan.

Alhamdulillah kami sudah memasuki Jordan dengan selamat. Tour Guide kami adalah : Mr. Moataz.  Kunjungan pertama kami di Jordan adalah ke Amman Beach untuk makan siang dan main di pantai laut mati (yang katanya  berhasiat menyembuhkan penyakit2 kulit dan tulang). Panas sangat luar biasa, 40 derajat Celcius.

1234

Lanjut ke toko yang menjual segala macam produk kosmetik dari laut mati dan juga ada souvenir, Dead Sea Levant. Sebelum ke Hotel Panorama Petra, kami berhenti di Sumur Nabi Musa, yang airnya jernih dan bisa langsung diminum. Beberapa peserta mengambilnya dengan botol minum kemasan.

Alhamdulillah sampai di Hotel Panorama Petra, langsung makan malam di hotel dan istirahat.

Selasa, 11 September 2018.

Sebelum sarapan, sempat foto-foto di balkon teras kamar hotel Petra Panorama dengan view bukit bebatuan.

678

Tujuan pertama hari ini adalah Petra –  Capital of the Nabataeans yang merupakan salah satu keajaiban dunia.

91011

Harga tiketnya 50 JD atau sekitar satu jutaan. Untuk mencapai lokasi yang terkenal dengan nama  Al Khazneh  kami harus jalan  2.5 km. Ada pilihan kereta kuda atau golf car tapi Tour Guide merekomendasi utk jalan agar bisa menikmati pemandangan yg ada.Memang luar biasa indah dan menakjubkan …

1213141516

Al Khazneh  :

Puas berfoto2 kami lanjut ke Wadi Rum suatu wisata menjelajah gurun pasir dengan menggunakan mobil pick up selama 2 jam ..Sebelum menjelajah gurun pasir, kami makan siang di tengah gurun di dalam tenda dengan hidangan prasmanan has makanan timur tengah yaitusejenis nasi mandhi.

1920

Bersiap untuk menjelajah gurun pasir : wisata yang bener-bener seru dan tak terlupakan….

21222324

Di tengah gurun, kami berhenti di satu lokasi dalam naungan tenda yang didalamnya ada toko aneka souvenir.

Selesai dari Wadi Rum, kami jalan menuju kota Amman. Jam 9 an malam kami check in hotel Le Vendome. Makan malam disediakan di hotel.

Rabu, 12 Sept 2018.

Selesai sarapan, sempat foto-foto di teras hotel Le Vendome dengan pohon korma yang masih hijau.

Lanjut dengan Amman City Tour :

Kunjungan pertama adalah makam Nabi Syuaeb.

272829

Karena ada permintaan untuk membawa oleh-oleh korma muda, Tour Guide kami mengantar kami  ke pasar lokal dan alhamdulillah bisa membawanya sampai Indonesia.

Berikutnya kami mengunjungi Gua Ashabul Kahfi, tempat 7 pemuda yang tertidur selama 300 tahun seperti yang diceritakan didalam Al Qur’an.

Ini penampakannya :

3132

Foto di Masjid Ashabul Kahfi :

Makan siang kami sudah disiapkan di restoran Abu Zaghleh dengan menu nasi mandhi dan ayam, sapi bakar.

3536

Didekat restoran ada super market Aswaq bin Suleiman, kamipun masuk untuk belanja oleh-oleh. Karena supermarket hanya menerima mata uang Jordan dan tidak bisa kartu kredit, Mr. Moataz mengatasinya dengan caa dia menalanginya dan kami bayar ke dia dalam USD.

Sholat Zuhur dan Ashar kami di masjid yang mendekati bandara.

Sekitar jam 15-an kami sudah di bandara Amman – Jordan yaitu Queen Alia International Airport.

Kami berpisah dengan Tour Guide Mr. Moataz. Terima kasih untuk pelayanannya.

Dari Queen Alia International Airport kami  terbang menuju Muscat dengan pesawat Oman Air jam 19.10.  On schedule dan sampai di Muscat jam 23.40. Transit di Muscat Seeb Int’l Airport  sekitar 2 jam, jam 02.20 terbang menuju Soekarno Hatta.

Catatan :  mau belanja di Jordan, bisa langsung dikonversi ke USD … kembaliannya juga bisa USD, so jangan takut gak punya receh USD. Maya uang Jordan lebih tinggi dari Euro, 1 JOD setara dengan Rp. 20 ribuan.

Alhamdulillah. Terima kasih ya Allah atas kesempatan yang Kau berikan untuk perjalanan ketiga negara ini.

Terima kasih besanku bu Tunjung, mbak ratih, teh Annie, teh Uba dan Seny buat jepretan foto-fotonya. Juga teman-teman lain untuk sharing foto-fotonya.

Perjalanan ke tiga negara TAMAT.