Australia Trip 2016 – Melbourne

Lanjutan cerita perjalanan ke Australia. Setelah mengunjungi Perth, kami pergi ke Melbourne.

Setengah jam perjalanan kami sudah tiba di bandara. Sedikit kerisauan timbul karena bawaan kami yang over weight dan over bag. Ketentuannya adalah  bagasi hanya boleh 1 koper maks 30 kg dan 7 kg cabin. Alhamdulillah kami dipertemukan Allah dengan petugas yang mengerti bahasa Indonesia dan baik hati. Charge biaya dapat diskon 50% menjadi 35 AUD untuk setiap koper yg overweight dan 35 AUD untuk kelebihan koper.

Penerbangan sesuai schedule, kami take off jam 10.05 waktu Perth dan mendarat pukul 05.05 waktu Melbourne (selisih 3 jam).

Saat mendarat ternyata belum waktu Subuh. Alhamdulillah ada Pray Room dan kamipun sholat subuh berjamaah yang dipimpin oleh salah seorang karyawan di bandara yang bacaannya sangat bagus.

Selesai sholat Subuh kami diterima oleh Mr. Suthee dari Ime  Travel. Selanjutnya kami dipertemukan dengan Driver yang merangkap Tour Guide yaitu Mr. Doni yang tampilannya mirip sekali dengan penyanyi Tompi sehingga kamipun memanggilnya dengan nama Tompi.

Alhamdulillah ternyata Mr. Tompi seorang Muslim sehingga dia sangat concern dengan makanan halal dan waktu sholat.

Wisata hari pertama  di Melbourne, Selasa, 29 Maret 2016 dimulai dengan sarapan di satu-satunya restoran MC Donald yang dijamin ke-halal-annya (tidak semua Mc Donald halal lho) sambil merancang tempat-tempat yang akan dikunjungi.

Kunjungan pertama adalah Parliament House.

2 3 4 5 6 7 8

Lanjut ke   Botanical Garden. Di dalam Botanical Garden ada satu rumah yang berisi taman aneka macam warna dan jenis bunga serta  Capt  Cooks Cottage, rumah penemu benua Australia yaitu Capt. Cook.

9 10 11 12

Wisata dilanjutkan ke Shrine of Remembrance semacam taman makam pahlawan.

13 14 15 16

Tour Guide juga memberikan kesempatan kepada kami untuk melewati track F1 Albert Park yang pada minggu sebelumnya dilewati oleh pembalap F1 dari Indonesia, Rio Haryanto.

Untuk memenuhi keinginan belanja kami, Tour Guide membawa kami ke Victoria Market sejenis pasar Little India di Singapur yang menjual aneka souvenir, kaos dll. Harganya cukup bersaing dan lebih murah dari toko souvenir yang kami kunjungi di Perth.  Victoria Market dikunjungi duluan karena tutup jam 14.

Cukup banyak yang  dibeli nih sampai-sampai koper pun harus dibeli untuk barang-barang belanjaan. Selesai belanja, Mr. Tompi membawa kami ke Restorant Indonesia yang berlokasi di depan Victoria Market. Nama restonya Sate Plus, menyediakan aneka makanan Indonesia dengan cita rasa yang pas dan enak.

Dari Victoria kami diajak mengunjungi Islamic Museum of Australia yang sebenarnya diluar jadwal tour. Ini semua karena kebaikan Mr. Tompi. Cukup terpesona karena di negara non muslim ada satu museum tentang islam yang isinya sangat bagus …

18 19 20 21

Dari sini kami langsung check in hotel Mercure untuk mengudak waktu  sholat Ashar dan Dzuhur.

Setelah mandi2 dan sholat Isya, kami keluar untuk makan malam. Rekomendasinya adalah Resto Indonesia Nelayan yang sangat dekat dengan Mercure. Suprisingly, makanannya enak, murah dan porsinya luar biasa. Alhamdulillah.

Wisata hari kedua di Melbourne, Rabu 30 Maret 2016. Sambil menunggu mobil datang, sempet bergaya di lobby Mercure.

Hari ini  diawali dengan wisata pantai Brighton Beach. Pantai yang terkenal dengan rumah berwarna warni. Lokasi ini seharusnya  ada di jadwal kemarin namun terlewat jadi disisipkan sebelum perjalanan menuju Maru National Park dan Philip Island.

23 24 25

Setelah berfoto2 di Brighton Beach perjalanan dilanjutkan ke  Maru National Park untuk melihat  Koala dan Kanguru. Sampai di Maru sudah lewat makan siang sehingga Koala dan Kangurunya tidak terlihat aktif saat dipancing dengan makanan.  Sempet foto dengan Koala yang sedang tidur seharga 20 AUD jika sendiri dan 30 AUD jika berdua (setelah tawar2an).

26 27 28 29 30 31

Puas bermain dengan kanguru, kami menuju Philip Island tempat penguin. Dalam perjalanan menuju Philip Island kami ditawarkan menghampiri pabrik coklat untuk berbelanja coklat dan melihat proses pembuatannya. Namun hanya bisa belanja karena pabrik sudah tutup.

32 33

Tour guide kami berfikir untuk mencari tempat sholat dimana akhirnya diputuskan di halaman rumput di depan area Philip Island.

Jadilah kami berjamaah sholat Dzuhur dan Ashar di alam terbuka. Alhamdulillah.

Waktu masih menunjukkan sore dan masih lama untuk menunggu keluarnya penguin sehingga kamipun makan dahulu di mobil. O iya, bekal makan hari ini kami beli dari resto Nelayan karena akan sulit menemukan resto yg halal di lokasi wisata.

35 36 37 38 39

Pengunjung di Philip Island cukup ramai. Setelah melihat area indoor (teater, foto2 dll) kami menuju pantai yg disediakan untuk melihat keluarnya penguin dari laut untuk kembali ke darat.

Rupanya hanya sedikit penguin yg keluar malam ini. Kami menunggunya sampai jam 8.30 namun memang tidak banyak yang keluar. Kamipun memutuskan untuk pulang. Sampai hotel sekitar jam 11 malam.

Wisata Melbourne hanya sampai disini, Besok pagi,  Kamis, 31 Maret 2016 kami  harus sudah check out jam 09.00 untuk penerbangan ke Sidney.

Di lobby hotel selesai check out, kehebohan kelebihan bagasi kembali terjadi sehingga sambil menunggu mobil tiba kamipun mengutak-atik isi koper. Ada satu joke yang akhirnya terjadi sama Ryan : untuk mengurangi beban koper maka 3 stel baju harus dipakai (kaos, kemeja, sweater) dan bantal leher 😀