CASSAVA GOES TO LAMPUNG 2016

Wacana ke Lampung sudah cukup lama digaungkan oleh teman-teman Cassavaa,  namun baru terealisasi  pada  25 – 27 Nov 2016.

Ngapain ke Lampung ? Hehehe … nengokin  Yeane yang  menjabat Kepala BPS disana.

Kami ber- 17 terbagi  dalam dua  kloter karena perbedaan pesawat, 12  memilih naik Garuda dan 5 naik Srwijaya.  Masing-masing punya alasan untuk pemilihan maskapai, namun jam terbangnya  dicari yang mendekati.

Saya sendiri baru pertama kali terbang dari Terminal 3 Ultimate yg baru. Bangga juga kita punya terminal sekelas  dunia gini  … hehehe

Jum’at, 25 November 2016

Sambil menunggu  boarding dan teman yang belum datang, kami ngobrol di Starbuck atas traktiran Seni.

Keasyikan ngobrol, tiba-tiba ada panggilan utk GA 80 segera naik ke pesawat ….  Hah ?  Kamipun langsung cabut dan ternyata Gate 17 itu  lumayan jauuuuh ….  huuu terpaksa setengah lari pakai  gigi 3 …  Untung selamat sampai di bis yang  membawa kami ke pesawat.

Penerbangan Jakarta – Lampung cuma 30 menit, take off – bagi snack – makan – langsung landing. Hehehehe ….

Alhamdulillah sampai Bandara Raden Inten II.

Bandaranya  ternyata sedang direnovasi … jalan ke parkiran penuh batu kerikil sehingga koper harus diangkat. Huuuu  😦

Kami disambut oleh mbak Yolinda dan Puspa dari Arie Tour, langsung menaiki kendaraan Elf yang sudah ready. Karena keterbatasan seat maka rombongan dipisah menjadi dua mobil.

Wisata  pertama yang kami kunjungi  adalah Muncak, teropong laut. Satu lokasi di ketinggian yang bisa melihat laut. Teropong yang dimaksud adalah teropong alami….

Selesai berfoto2 kami lanjut ke Dermaga Ketapang untuk menyebrang ke pulau Pahawang besar. Sampai Dermaga Ketapang kami ber-siap-siap dengan pakaian yang lebih santai  dan  siap ber-basah-basah.

Kami menaiki satu perahu dengan posisi duduk seadanya.

Lebih dari setengah jam menyebrangi lautan sampailah kami di  Pulau Pahawang Besar. Disana sudah disediakan makan siang yang terdidi dari nasi, sayur asem, ikan goreng, cumi goreng , ayam goreng, sambel, krupuk dan kelapa muda utuh.

Selesai makan siang kami sholat Dzuhur dan Ashar di masjid yang ada di pulau. Komentar kami, sangat disayangkan pulau yang seharusnya bisa jadi objek wisata bagus tapi tidak ditata dan dikelola dengan  baik oleh pemerintah daerah setempat …

Puas berfoto2 kamipun kembali ke perahu untuk kembali ke Dermaga Ketapang. Sampai dermaga sudah jam 4 sehingga  perjalanann lanjut ke pulau Kiluan.

Seperempat perjalanan menuju penyebrangan ke pulau Kiluan,  jalan rusak agak parah. Selain itu juga jalan agak menanjak dan rusak. Beberapa titik ada perbaikan pengecoran sehingga harus menunggu untuk jalan bergantian.

Mendekati lokasi penyebrangan ternyata ada jembatan yang ambrol sehingga tidak  bisa dilewati mobil. Berhentilah kami di salah satu rumah penduduk pendatang dari Bali untuk menumpang buang air kecil dan mencari informasi alternatif jalan dengan rusaknya jembatan. Ternyata kami harus muter balik dan menyebrangi kali yang dangkal.

Alhamdulillah sampai di penyebrangan  walaupun sudah malam dan pastinya gelap.

Bermodalkan senter petugas perahu, kami diajak untuk berjalan menuju lokasi perahu jungkung disandar. Tersedia 3 kapal jukung. Satu perahu diisi 8 orang dan satu lagi untuk koper.

Kamipun  satu per satu menaiki perahu jukung dengan hati-hati karena kurangnya penerangan.

Semua menyebrang dengan penuh ketegangan, pasrah dan berdoa sepanjang penyebrangan yang ternyata hanya 10 menit.

Alhamdulillah kami mendarat di Pulau Kiluan  dengan  selamat. Ketegangan mereda. Kami juga disambut makan malam yang nampaknya lezat yaitu ikan bakar utuh yang lumayan besar, pindang ikan dan sambel  dengan pembuka pisang goreng dan singkong goreng yang yummy.

Selesai makan malam kami mandi-mandi di  penginapan dan lanjut tidur untuk persiapan besok pagi jam 5.30 ke tengah laut untuk bermain dengan lumba-lumba ..

Sabtu, 26 November 2016

Jam 5.30 pagi kami sudah siap dengan vest dan menaiki jungkung yg disi 4 orang.

Setelah menjelajah laut sekitar setengah jam baru kami bisa melihat segerombolan lumba-lumba yang meloncat-loncat  .. Subhanallah …

Puas bermain-main dengan lumba-lumba, kami diajak melihat-lihat  wisata disekitar Kiluan seperti batu candi dll.

Ternyata ketegangan yang kami rasakan semalam terbayarkan dengan wisata laut pagi ini …. dengan pemandangan alam yg luar biasa indahnya…..

Setelah bermain-main di tengah laut dengan perahu jungkung kami kembali ke penginapan. Sudah tersedia nasi goreng, dadar telur dan tempe goreng tepung lengkap dengan  teh manis dan kopi. Kamipun menyantapnya dengan lahap.

Setelah sarapan, kami mandi dan bersiap-siap check out.

Sambil menunggu yang lain mandi, kamipun sempat berfoto-foto lagi.

Siap check out, kamipun menaiki lagi perahu jukung untuk menyebrang seperti semalam yang kami lalui dalam kegelapan.

Alhamdulillah mendarat lagi dengan selamat dan kamipun siap-siap menaiki kendaraan elf untuk menuju Bandar Lampung. Bye bye Kiluan …..

Ternyaya ada acara yang cukup besar yaitu Pahawang Festival dengan agenda  konvoi HDCI  (Harley Davidson Club Indonesia). Kamipun sejenak mengunjungi acara tsb sambil jajan-jajan karena pas saatnya makan siang. Paanas … sayapun tidak turun dari mobil.

Dari sana kami harusnya ke wisata Pasir Munjul menemui sang tuan rumah yaitu Yeane yang baru sempat join karena  hari sebelumnya ada acara kantor. Namun karena hari sudah semakin siang, akhirnya Pasir Munjul kami batalkan. Kami bertemu Yeane di satu lokasi yang akan kami lewati.

Menjelang sore kami memasuki kota Bandar Lampung. Tujuan pertama adalah pusat oleh-oleh kripik Yen Yen. Kripik pisang aneka rasa dan aneka oleh-oleh  lain diborong teman-teman hingga kendaraan penuh dengan dus-dus. Selesai kami berbelanja oleh-oleh, hujan turun dengan cukup lebat.  Kamipun melanjutkan kunjungan ke pusat sulam Aan Ibrahim, designer tapis khas Lampung.

Selain harga tapis di Aan Ibrahim lumayan tinggi, koleksinya juga tidak terlalu banyak,  kamipun lanjut ke pusat tapis lainnya yaitu toko Nindy  yang didepannya ada Mpek-mpek 123 yg terkenal  dan jadi sasaran kuliner kami. Kenyang makan mpek-mpek trakstiran Gatot, kami lanjut ke tempat makan malam yg merupakan kejutan dari Trie karena  diluar itenerary yang diinfo yaitu  Dinner di Summit Bistro.

Di Summit Bistro, kami dapat melihat kota Lampung dari ketinggian. Suatu pemandangan yang indah sekali.

Setelah puas makan malam dan nyanyi serta dansa-dansi, kamipun pamit untuk menuhu Hotel vWhiz  Prime yang sebelumnya sudah dibook oleh Gatot.  Check-in, mandi-mandi dan istirahat.

Minggu, 27 November 2016

Jam 6.30 kami sarapan di restorant hotel.

Selesai sarapan, bersiap-siap check out untuk city tour kota Bandar Lampung.

City tour hari ini  menggunakan bis sehingga bisa bersama-sama.

Kunjungan city tour diawali ke toko Kaos Lampung.

Dari kemarin masih penasana dengan Bakso Haji Sony, maka dari belanja kaos kami diarahkan ke bakso yang terkenal di Lampung yang katanya dagingnya pasti asli karena langsung dari peternakan sapi yang dimiliki. Disini kami ditraktir Yeane …

Teman-teman masih penasaran dengan tapis Lampung sehingga kami dibawa ke toko tapis  Ruwa Jurai di Jl. Sudirman. Selesai belanja-belanja disini, kami dajak ke satu area yang terdapat rumah-rumah  khas Lampung (Lampung terdiri dari beberapa daerah).  Disini kami sempat foto-foto.

Santap siang kami  sudah dibook di RM Pindang Riu dengan menu utama nasi, pindang ikan dan sambel.  Kamipun sholat Dzuhur dan Ashar sebelum jalan ke bandara.

Disini kami berpisah dengan Yeane. Terima kasih Yeane ….

Waktu sudah menunjukkan jam 14.30 sehingga kami harus beriap menuju bandara.

Sekali lagi bandaranya dalam tahap renovasi  sehingga kami harus jalan di area yang masih berbatu krikil.

Alhamdulillah semua barang dibawa oleh porter dengan selamat. Kamipun  langsung check in dan siap-siap boarding.

Alhamdulillah  mendarat di Terminal 3  dengan selamat ….

Sampai ketemu lagi pada perjalanan CASSAVA berikutnya ……..