BEIJING TRIP 2016

Tawaran ke Beijing datang dari Chichi pakai Dwidaya Tour dengan harga promo 9.5 jt untuk 5 hari 4 malam pake SQ. Lihat waktunya koq bagus, habis lebaran ( 16 – 20 Juli ) dimana kegiatan kantor belum padat. Tapi ….. sedikit galau dan gak enak hati mau ijin boss krn cuti dimuka udah banyak,  abis cuti Umroh dan Ausie pulak … Eh tak disangka ternyata ijin cuti lagi dibolehin … Alhamdulillah ….. langsung confirm ke Chichi dan nawarin besan. Eh dia juga mau dengan tambahan  peserta  satu kakak dan satu adik ipar  ditambah temennya dari  Krawang  5 org sehingga  kita bisa quorum utk berangkat.

Jadilah booking  dan bayar DP sebesar 4 juta ….

Kebetulan kami dapat marketing Officer yang responnya agak lambat sehingga finalnya kita gak dapat SQ dan diganti Cathay Pacific … jadwalpun bergeser dari semula 16 – 20 Juli  jadi  17 – 21 Juli 2016.

Galau lagi karena nambah hari cutiii …. coba cari tawaran travel2 lain … harganya jadi beda jauh karena  waktunya udah mepet ………

Akhirnya diputuskan tetap pakai Dwidaya Tour.

Minggu, 17 Juli 2016

Hari pemberangkatanpun tiba dengan jadwal  jam 08.20, transit  di bandara Hongkong jam 14.20 dan berangkat lagi jam 17.15 dengan Cathay Pacific.

3 jam di bandara Hongkong lumayan buat cuci mata dan leyeh-leyeh. Sempet hunting Starbuck Tumbler dan baru tahu ada 530 gate … ckckck norak yak

Jam 19-an waktu Beijing  kita sudah landing di bandaranya. Dari turun pesawat ke tempat bagasi dan imigrasi, ada kereta/ trem yangg kami naiki.

Selesai urusan bagasi, Tour Leader langsung membawa kami  untuk check in di hotel Holiday Inn (****).  Saya sekamar dengan Chichi dan besan bertiga dengan mbak Ratih dan mbak Yanti.

Senin, 18 Juli 2016

Setelah sarapan (seperti biasa pilihannya adalah telur rebus + roti yang insyaa Allah halal), kami siap menjalani tour dengan bis.

Tour hari pertama dimulai dg mengunjungi Tian An Men Square  yaitu lapangan terbesar yang menyimpan sejarah Reformasi Cina 1989. Lokasi berikutnya yang masih dalam satu area adalah Forbidden City, sebuah kompleks istana kerajaan terbesar di dunia.

Dari lokasi ini kami dibawa makan siang ke salah satu resto yang katanya halal (lupa foto …).

Lanjut kami diajak untuk menyaksikan  Acrobatic Show, pertunjukan akrobat yang lumayan seru dan bagus (motor berputar di dalam bola seperti yang pernah ada di Taman Safari, jalan di atas tali dll). Keren walaupun tempat nontonnya kurang ekslusif.

Selesai menonton akrobatic show, kami diajak sekali lagi menonton Shaolin Show yang merupakan pertunjukan life dengan gerakan-gerakan silat  yang menakjubkan yang bercerita tentang seorang anak laki-laki yang dikirim ibunya ke pedepokan silat untuk menjadi Kung Fu Master.

Kami sempat berfoto bersama di depan gedung teater.

Selesai menonton Shaolin Show, kami diajak makan malam di salah satu restorant yag terkenal dengan Roasted Pecking Duck. Cara makannya adalah dengan membungkus daging bebek panggang yang sudah dipotong dengan lembaran lumpia dan dicelupkan ke dalam kuah sejenis kecap asin.

Selesai makan malam kami kembali ke hotel untuk istirahat.

Selasa, 19 Juli 2016

Jadwal tour hari ini adalah ke satu destinasi utama yang merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia yaitu THE GREAT WALL sebuah karya bangsa Cina berupa tembok yang panjangnya 6700 km dan membelah 5 propinsi.

Sampai di lokasi, kami disambut hujan rintik-rintik sehingga merepotkan bawaan karena harus berpayung ria …

1920

Selesai dari THE GREAT WALL ( seru karena kami harus berhujan-hujanan dengan menenteng sepatu yang takut basah karena hujan yang cukup deras ) kami diajak makan siang di salah satu restorant di dalam suatu mall (gak tahu namanya ), kemudian lanjut ke toko batu giok. Kunjungan ke toko batu giok merupakan kunjungan wajib bagi turis asing, sebagai salah satu promosi negara.

Lanjut ke istana Summer Palace yang merupakan istana musim panas bagi keluarga kekaisaran.

Sebelum makan malam, kami diajak photo shop di BIRD NEST atau Stadion Olimpiade Beijing 2008 dan berbelanja souvenir di salah satu toko yang direkomendasi Tour Leader (tapi kami kecewa karena harganya tidak bersahabat, lebih mahal dari toko souvenir yang kami temui sebelum ini)

Makan malam kami di salah satu resto di deretan ruko-ruko. Hujan lumayan deras, kami turun dari bis sambil kehujanan. Selesai makan malam kami kembali ke hotel untuk packing karena besok sudah jadwalnya check out.

Rabu, 20 Juli  Juli 2016

Selesai sarapan, kami sudah siap untuk check out dan menjalani wisata hari terakhir. Masih sempet ber selfie di lobby hotel.

Beijing diguyur hujan sejak kemarin siang. Hujan disini bisa terus menerus tiada henti sehingga pagi inipun masih hujan lumayan deras. Kami ber-payung ria saat loading koper ke dalam bis. Rencana jalan-jalan hari ini agak terganggu karena hujan. Target untuk bisa naik becak khas China di kota tua Beijing  – Rickshaw Hutong Tour terpaksa di-skip. Kami hanya ditunjukkan daerah kota tua Beijing dan bentuk becaknya. Kamipun tidak bisa masuk kedalam TEMPLE of HEAVEN, tempat dimana pada jaman dahulu Kaisar memanjatkan syukur atas panen yang berlimpah.

Makan siang terakhir kami di Beijing, di salah satu resto di area Temple of Heaven. Tempatnya lumayan bagus buat foto-foto.

Selesai makan siang, sebelum ke bandara kami diberikan kesempatan untuk berbelanja di Yaxiu Market selama 4 jam. Yaxiu Market  merupakan satu pusat pertokoan seperti ITC di Jakarta.

Satu pengalaman belanja di Beijing adalah : berani menawar. Harga yang disepakati bisa jadi 1/5 dari harga awal, sejauh Anda berani menawar. Harga 400 yen bisa jadi 100 yen, harga 250 bisa jadi 50 yen … hebat kan ??

Puas belanja, kami siap-siap ke bandara walaupun penerbangan baru jam 2 malam. Sampai bandara masih cukup waktu sehingga kami bisa sholat Magrib dan Isya. Selesai sholat dan berganti pakaian, dapat info bahwa pesawat yang akan kami tumpangi dimajukan menjadi jam 08.30.  Langsung kami menuju area check in dengan tergesa-gesa karena waktu yang terbatas.  Kamipun sempet salah masuk jalur pemeriksaan yang ternyata petugasnya lambat  dalam menangani  pemeriksaan. Alhamdulillah dapat petunjuk dari Allah untuk pindah jalur dan ternyata lebih cepat.  Saat di area pemeriksaan, Tour Leader kami berteriak bahwa pesawat kami sudah harus boarding sehingga kami mendapat pelayanan yang didahulukan dari penumpang lain.  Kamipun setengah berlari menuju gate yang ditetapkan dan ternyata lumayan jauh …. ahhhh  …  lelah juga …. alhamdulillah sampai di tempat  dengan jantung yang berdetak cepat alias ngos-ngos-an ….

10 menit menunggu langsung boarding.

Sampai di Bandara Hongkong sekitar jam 2-an  dan harus transit sampai jam  14.00 di hari berikutnya  …

Kamipun sempat ngerasain jadi tuna wisma yang tidur di bandara menunggu waktu pagi tiba. Ternyata cukup banyak penumpang yang nasibnya sama seperti kami. Hampir semua kursi penuh dengan orang yang berbaring. Bandaranya nyaman sehingga kamipun bisa cukup istirahat.

Setelah agak pagian, sekitar jam 6-an kami pun bergerilya mencari sarapan. Mata uang yang kami pegang adalah YEN dan tidak berlaku di Hongkong karena disana ada HKD atau Hongkong Dolar. Kamipun menyerbu counter Money Changer untuk menukarkan uang guna belanja dan makan selama di bandara.

Sesuai saran Tour Leader, kami tidak memanfaatkan waktu selama 8 jam di bandara Hongkong dengan wisata di luar bandara karena keamanan dan kenyamanan barang bawaan. Jadi, wisata kami cukup di bandara Hongkong sampai jam boarding tiba.

Selfie-selfie di bandara Hongkong …

Alhamdulillah waktu boarding tibaaa … akhirnya naik pesawat untuk pulaaaang ….

Landing dengan selamat di Soeta pada Kamis  sekiat jam 9-an  malam ….

Di lokasi bagasi, semua peserta sudah mendapatkan semua kopernya dan sudah say godbye …. tinggal saya sendirian  yang masih menunggu satu koper lagi …. alhamdulillah akhirnya datang dengan bentuk yang agak berbeda dengan saat check in di bandara China …. koperku yang sekarang ditambahkan strapping ban …. karena sudah malam dan Chichi sudah nungguin (karena saya akan bareng Chichi sampai Pancoran)  so nggak  saya  pikirin…

Sampai di rumah baru  saya buka ….. kondisi resliting koper masih rapih, tidak ada tanda bekas dibuka paksa …. namun, kaget juga begitu melihat ada satu lembar form bertuliskan huruf China ada di dalam koper …. koq bisa yaaaa ??  tersadar saat melihat power bank tidak ada di tempatnya …. barulah dapat pemahaman ternyata koper saya memang dibuka oleh Petugas Bandara Hongkong karena  ada  power bank di dalamnya dan  power bank tsb sudah disita …. form dalam huruf China  berisi permohonan maaf atas kejadian ini ….. weleh-weleh …. ternyata memang bandara Hongkong begitu ketat ….good  job ….  larangan membawa power bank sudah diingatkan Tour Leader namun keteledorann saya  yang lupa ….

Suatu pelajaran berharga ……………..

Sampai jumpa pada trip berikutnya …………………..