Europe Trip 2016

Salah satu destinasi yang aku impikan  adalah Eropaaa …. Alhamdulillah ada tawaran dari besan untuk join Talbia Eropa Tour yg waktunya gak makan hari cuti banyak … cuma 4 hari karena ada libur Sabtu, Minggu dan Idul Adha di hari Senin. Yang menarik juga adalah adanya satu agenda untuk sholat Idul Adha di mesjid raya Paris ….

Setelah dapat ijin dari atasan, langsung bayar DP 1000 USD or 13 juta sekian….

Dapat jadwal wawancara visa hari Rabu, 24 Agustus 2016 di Kuningan City dan alhamdulillah lolos.

Jumat, 9 Sept 2016

Hari yang dijadwalkan tiba. Ternyata jadwal terbangnya jam 22.00 WIB pakai Garuda so hari itu aku masih bisa masuk kantor sampai jam 4. Jam 15.45 ijin pulang cepat menuju Soeta lewat JORR. Alhamdulillah jam 6 an sore udah sampai Soeta diantar supir.

Setelah ketemu rombongan, kami  diajak makan malam di Emeralda Lounge  sambil menunggu boarding dan peserta lain yang belum tiba. Jumlah peserta ada 20 termasuk Tour Leaderya. Ternyata pesawat delay 30 menit dan kita dapat kompensasi snack. Lumayan.

Sabtu, 10 Sept 2016

AMSTERDAM

Destinasi pertama adalah Amsterdam …. yeay 13 jam di pesawat, alhamdulillah landing safely dan jam 8 sudah beres keluar dari bandara Schippol – Amsterdam. Waktu menunjukkan hari Sabtu 10 September 2016.

Ada sesi foto di depan tulisan Amsterdam.

Setelah urusan bagasi dan foto-foto beres, kami langsung mencari posisi di bis yang akan membawa kami selama tour 9 hari kedepan. Yes, selama tour kami menggunakan bis kapasitas 50 orang sementara peserta hanya 20 sehingga kami leluasa duduk sendiri2.

Kami ditemani tour leader lokal yaitu Ibu Tati dan ibu Farida.

Perjalanan tour di negara Belanda hari ini diawali ke Volendam yaitu desa nelayan orang Belanda. Di sepanjang pantai ditemui rumah2 Belanda yang rapih, bersih dan bagus tapi sederhana.

Di  Volendam ini kami foto memakai baju khas Belanda dan juga belanja souvenir. Nama studio dan toko souvenirnya adalah Foto de Boer yang merupakan rekanan si Tour Guide.

Setelah puas berfoto dan belanja souvenir, kami makan siang di Resto halal De Koe dengan sajian ikan goreng, salad, soup dan es krim. Semuanya enak …

Perjalanan lanjut ke pabrik keju dan sepatu kelom. Tidak terlalu menarik. Disini sempet beli slipper buat Ica dan wafel caramel yang ternyata enak .. nyesel gak beli banyak.

Selesai dari Volendam kami balik ke Amsterdam untuk ke toko berlian Zazare. Sambil yang lain dijelasin proses pembuatan berlian, sebagian lainnya sholat Zuhur dan Ashar. Terima kasih Zazare karena teman-teman dikasih tempat sholat.

Dari penjelasan ternyata kota berlian adalah Amsterdam. Berlian sebesar ujung beras harganya bisa 5 juta …. wkwkwwk. Walaupun gak beli tapi sempet foto ..

Dari Zazare lanjut ke stasiun canal cruise. Namun ternyata kita hadir lebih cepat dari jadwal 17.45. Ada waktu setengah jam dimanfaatkan belanja di supermarket Dirk.

Kami naik cruise melewati canal-canal yang memang dibuat untuk antisipasi banjir  karena Amsterdam dibawah permukaan laut. Selesai naik cruise yang lumayan lama sekitar 1 jam, lanjut jalan ke arah Belgia dan menginap satu malam di Sevenum Tulip Inn. Alhamdulillah bisa ngelempengin badan … Hotelnya bersih dan etnik. Disini kita dapat makan malam nasi box dengan menu urap dan daging semur. Saya mendapat kamar bertiga dengan Novy dan teh Rika.

Minggu, 11 Sept 2016

BRUSSELS

Kami sarapan di hotel dengan menu eropa a.l roti, sereal, buah …. ngeliat Nutella sachet gratis jadi pengin bawa buat di jalan … tapi ketauan penjaganya … wkwkwk. Malu  …

Jam 08.00 start jalan menuju Brussel. Sampai di Brussel jam 10-an langsung menuju Grand Palace. Disini ada patung yang jadi icon yaitu Manekin Piss – patung anak laki2 kecil berwarna hitam yang sedang pipis. Disini juga terkenal dengan coklatnya. Tour Guide mempromosikan toko coklat Rudolf Braun  disebelah patung Manekin sebagai toko yang murah, jangan beli yang Godiva. Sempat juga beli souvenir dan berfoto di toko Tin Tin sang komik legendaris. Bangunan Grand Palace bagus banget untuk foto2.

Dari Grand Palace lanjut ke Grand Mosque Brussel untuk sholat Dzuhur dan Ashar. Ditengah rintik hujan kami berjalan dari parkiran ke masjid yang cukup lumayan jaraknya sekitar 500 meter. Di masjid kami dipinjami ruang untuk makan siang yang sudah dipesan berupa nasi box dengan menu ayam goreng, capcay dan telur balado.

Pulangnyapun kami masih berhujan2an … Sayang tidak sempat foto masjidnya karena hujan.

Selesai sholat lanjut jalan lagi menuju Paris. Sekitar jam 6-an kami sudah memasuki kota Paris dan berputar2 mencari restorant yang sudah dibook untuk makan malam, restorant Jakarta – Bali – salah satu resto Indonesia yang halal. Menu yang disajikan  gado-gado, nasi goreng dan rendang (gak nyambung semua yaa… ). Sebagai promosi, pemilik resto memberikan satu gantungan kunci menara Eiffel untuk yang sudah memposting resto di Face book atau Path.

Makan malam selesai lanjut menuju hotel Campanile Nanterre La Defense untuk bermalam sambil melewati jalan yang jadi icon Paris yaitu Champs de Elysses.

Disini saya tidur berdua Novy karena tidak ada kamar dengan 3 tempat  tidur.

Senin, 12 Sept 2016

PARIS

Setelah sarapan, jam 7.30 siap2 menuju Grande Mosquee Nanterre untuk sholat Idul Adha. Selesai sholat sambil menunggu bis kami berfoto2 dan alhamdulillah mendapat jamuan snack dari panitia masjid.

Selesai sholat, tour kota Paris dimulai dengan mengunjungi Napoleon Arc de Triomph untuk berfoto2. Hanya 5 menit waktu untuk berfoto, lanjut ke Menara Eiffel. Disini lumayan lama untuk berfoto2 dan belanja souvenir yang murah meriah dengan penjual orang2 Marokko. Lanjut ke gedung yang juga tempat yang bagus untuk foto yaitu rumah sakit jiwa.

Perjalanan lanjut ke gedung yang ada Pyramid untuk berfoto2. Gedungnya modern seperti mall yaitu Louvre Museum.

Makan siang kali ini di ajak ke Salam Restaurant, Meditarian Resto dimana kami suDah dipesankan makanan yang tidak jelas bentuk dan rasanya tetapi harus dimakan karena lapar.

Pengalaman pertama buang air di mall dengan membayar 1.5 Euro. Tapi memang layak karena WC nya memang bagus, bersih dan harum. Namanya PointWC.

Note : di wc umum harus siap dengan 1 Euro dimana sudah tersedia pintu otomatis yang terbuka setelah memasukkan coin 1 Euro.

Selesai makan, keluar dari mall sudah memasuki area Benlux Duty Free yang terkenal dengan beberapa branded tas dan parfum yang harganya miring. Salah satunya Long champ yang menurutku tetep lebih mahal dari Elevenia. Di Benlux juga bisa belanja aneka souvenir.

Dari Benlux kami menuju terminal Betamoux Cruise untuk menjelajah Paris melalui sungai Seine. Menyusur sungai Seine dijalani selama 1 jam.

Lanjut ke Masjid Raya Paris / Grand Mosque yang bangunannya ber- arsitektur gaya Marokko untuk sholat Dzuhur dan Ashar.

Alhamdulillah karena lagi tidak sholat jadi malah bisa berfoto ria.

Selesai jalan2 hari ini kami kembali ke hotel Campanile Nanterre La Defense untuk istirahat. Makan malam kali ini kami mendapat nasi box dengan menu  urap dan opor ayam. Sayang nasinya tidak matang. Malam ini saya tidur sendiri karena Novy tidur dengan teh Rika.

Selasa, 13 Sept 2016

ENGELBERG – SWISS

Pagi hari habis sarapan kami langsung  checkout untuk menuju Engelberg. Diperkirakan perjalanan sekitar 8 jam. Di tengah perjalanan kami berhenti di rest area untuk makan siang nasi box dengan menu capcay dan ikan kembung goreng.

Tiba di Engelberg  kami langsung menuju hotel Terrace – Engelberg, satu lokasi yang ada di pegunungan Alpen dengan pemandangan yang baguss sekali ….

Malam ini makan malam nasi box dengan menu capcay dan ayàm goreng kalasan. Rasanya pas sekali.

Rabu, 14 Sept 2016

Sambil menunggu jam sarapan kami berfoto2 dengan latar belakang pegunungan Alpen yang benar2 indah. Allahu Akbar.

Kami langsung check out untuk menuju Mount Titlis yang merupakan puncak dengan salju abadi.

MOUNT TITLIS

Sebelum sampai puncak Titlis, kami menaiki cable car dengan 4 kali  berganti.  Hanya bisa menyebut Allahu Akbar untuk semua ciptaanNya.  Kami berdiri di ketinggian 3000 meter di atas salju abadi. Alhamdulillah ..

Puas berfoto2 di puncak salju abadi kami turun untuk berbelanja souvenir dan melanjutkan perjalanan ke Luzern.

LUZERN – SWISS

Sampai Luzern kami mendapat  makan siang box dengan menu nasi dan gurame acar kuning yang rasanya pas dengan lidah. Kami makan di pinggir sungai Rhein.

Selesai makan, kami berbelanja di toko jam yang terkenal di Swiss yaitu Bacherrer dan toko souvenir Cassagrande.

Ingat dengan pesanan tumbler Starbuck maka sayapun  berjalan kaki  mendatangi outletnya sambil  berjalan cepat karena terbatasnya waktu.

Perjalanan dilanjutkan ke Karlshure untuk bermalam sebelum esok harinya ke Heidelberg dan Frankfurt.

Kami menginap di Ibis Karlshure Hufbahnof. Makan malam kami adalah Kebab.

Kami sempat berjalan2 di sekitar hotel dan belanja di supermarket LIDL. Kotanya sepii.

Kamis, 15 Sept 2016

HEIDELBERG

Selesai sarapan di hotel, perjalanan diawali dengan tujuan kota Heidelberg dimana disana terdapat kastil dan jembatan sungai Neckar. Area shopping yang unik dengan bangunan2 tua. Disini kamipun berbelanja souvenir.

Perjalanan lanjut ke Frankfurt dan berhenti di stasiun yang merangkap mall yaitu Haufbahnof. Kami makan siang disini dengan menu Mc. Donald.

ROEMERBERG

Selesai makan sambil menunggu waktu Ashar kami dibawa ke Roemerberg, satu lokasi dengan aneka toko souvenir dan bangunan2 antik. Pemandangan disini sangat indah dengan latar belakang gedung2 kuno.

Sebelum kami berputar diarea Rumerberg kami berhenti sebentar di food court utk merayakan ulang tahun Alisa dan ibu Yanti dengan meniup lilin dan memotong cake yang disiapkan ibu Tati sang pemandu tour.

Selesai dari Roemerberg kami mencari mesjid yang ada di Frankfurt. Kondisinya sedang diperbaiki dan nantinya akan menjadi bangunan masjid yang besar.

Perjalanan lanjut menuju Fulda untuk bermalam di hotel Ibis. Malam ini aku sekamar dengan Ruri karena tidak ada kamar yang bisa untuk bertiga. Makan malam di hotel berupa nasi box dengan menu ayam goreng dan oseng toge tahu. Kurang berselera karena terlalu banyak minyak.

Jum’at, 16 Sept 2016

Selesai sarapan kami check out untuk menuju Ansterdam. Ditengah perjalanan kami mengalami kemacetan dimana kami berhenti di dalam jalan tol sekitar 2 jam karena ada kecelakaan. Untuk mengisi kejenuhan kami pun berfoto ria ditengah jalan tol.

Selesai dari kemacetan kami menuju kota Cologne. Kotanya bagus dan tertata rapi. Kami menuju tempat makan siang Turkey dengan menu pilihan kebab. Disini ada kastil yang sampai hari ini belum seleasai pembangunannya walaupun bentuk gedungnya sudah berwarna hitam.

Lanjut ke mesjid Turkey di Cologne untuk sholat Dzuhur dan Ashar.

Tujuan berikutnya adalah Roermond Designer Outlet tempat dimana aneka barang branded dijual dengan harga miring. Alhamdulillah dapat 2 tas Aigner dengan harga setengahnya dari Jakarta. Juga satu sepatu Clarks.

Sampai di hotel Ibis  Budget Amsterdam sudah larut malam. Kamarnya sangat minimalis dengan tempat tidur tingkat.

Malam ini harus bebenah koper karena besok sudah harus pulang.

Sabtu, 17 Sept 2016

Selesai sarapan kami sudah harus check out. Sebelum ke bandara kami diantar le lokasi dimana terdapat kincir air tradisional Zaanse Schanse.

Masih ada toko souvenir … belanja lagi.

Selesai dari Zaanse Schanse lanjut ke bandara Schippol. Saat chek in barang2 bawaanku ternyata over weight, namun petugas memberi solusi dimana kòper kecil terpaksa masuk bagasi. Agak panik karena koper belum digembok … alhamdulillah ada stok gembok …

Perjalanan on time, jam 16.45 take off menuju Jakarta.

Minggu, 18 Sept 2016

Alhamdulillah perjalanan dengan Garuda dari Amsterdam selama 13 jam cukup bisa istirahat. Sampai di Soeta kami mendarat dengan selamat sekitar jam 12-an. Bagasi lumayan lama sambil nunggu Ryan yang juga masih di jalan.

Alhamdulillah jam 3-an sudah sampai di rumah …. home sweet home ….

Sampai berjumpa pada perjalanan berikutnya …….